Jumat, 06 Agustus 2021

Materi sem 2 kelas 10 pertemuan 1

Materi pertemuan 9 kelas 10

 MELAKUKAN SETTING PERIPHERAL PADA OPERATING SYSTEM (OS) KOMPUTER

 

Setting Peripheral

Dalam Operating sistem bisa dilakukan setting dari mulai yang sederhana sampai setting yang sifatnya tehnis. Lakukan setting sebagai pengguna saja dulu, dengan membuka desktop, lalu klik kanan mouse, yang akan kita setting adalah berupa tampilannya saja, kita membuka Display Properties .

 Themes; desktop screen saver; appearance; setting

Lalu kita klik pilih color qualitynya yang lebih rendah maka, kita biasa lihat hasilnya.

Atau kalau kita geser screen resolutionnya lebih kecil, maka di layar akan lebih besar bentuk gambarnya. Makin kecil tampilannya makin pada resolusinya.

Coba saja, untuk latihan setting screen saver, kita boleh memilih tampilan apa tergantung ketersediaan filenya

Tidak Display saja yang bisa dilakukan setting, ada banyak menu yang bisa dilakukan setting, kita buka dari mulai Control PANEL. Biasanya sudah menjurus pada-setting untuk keperluan tehnis, termasuk keperluas jaringan, koneksi internet.

Materi pertemuan 10 sistem operasi

 SISTEM OPERASI

 

A. PENGERTIAN SISTEM OPERASI ( OPERATING SYSTEM )

 

Secara umum, Sistem Operasi diartikan sebagai sebuah Program yang mengatur Perangkat Keras Komputer dan sebagai landasan untuk aplikasi yang berada diatasnya

Sistem Operasi juga bertindak sebagai penghubung antara Pengguna dengan Perangkat Keras.

Pengertian sistem operasi dapat di lihat dari beberapa sudut Pandang. Berikut uraiannya,

 

1. Pengguna, Sistem Operasi merupakan alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Sistem ini dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan.

2. Sistem, Sistem operasi alat yang dapat menempatkan sumber daya efisien. Sistem Operasi merupakan pengatur sumber daya yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien serta eksekusi aplikasi dan operasi dari alat Input/Output (I/O). Sistem Operasi merupakan bagian program berjalan setiap saat yang disetut dengan kernel

3. Tujuan sistem, Sistem operasi sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan untuk menjalan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna.

 

B. FUNGSI SISTEM OPERASI

Resource Manager, Fungsi ini untuk mengalokasikan sumber daya, seperti : memori, CPU, Printer, Disk Drive dan perangkat lainnya.

Interface, Fungsi ini adalah sebagai perantara antara pengguna dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat ( user friendly). Pengguna tidak memiliki kekhawatiran untuk mengoperasikan perangkat level bawah.

Coordinator, Fungsi ini untuk menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.

Guardian, Fungsi ini untuk menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberi pengawasan pada pembacaan/penulisan/eksekusi data dan program.

GateKeeper, Fungsi ini adalah untuk mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (Log) ke dalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang dapat mereka kerjakan ketika telah log dalam sistem

Optimizer, Fungsi ini adalah untuk menjadwal pemasukan ( Input ) oleh pengguna, pengaksesan basis data, proses komputasi dan pengeluaran (output ) untuk meningkatkan kegunaan.

Accountant, Fungsi ini mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.

Server, Fungsi ini adalah untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, seperti mekanisme akses file..

 

Perbedaan BIOS dan Sistem Operasi

 Sebelum kita berbicara perbedaannya, mari kita persamaannya dulu.

Keduanya sama-sama yang mendata perlengkapan hardware yang ada pada komputer kita, sama-sama memfasilitasi perangkat input/output

MENGGUNAKAN BIOS

Apa itu BIOS

BIOS atau sistem input-output asas ialah program komputer yang menjalankan operasi input-output semasa proses POST. Program BIOS disimpan di dalam sebuah cip memori yang dipanggil CMOS

Jenis-jenis BIOS

Berikut adalah senarai pengeluar terkemuka dunia yang menghasilkan BIOS:

. Acer Labs

. American Megatrends Inc. (AMl)

. Microid Research (MR BIOS)

. Phoenix Technologies

. LSI Logic

. Winbond

Setiap pengeluar biasanya akan menghasilkan BIOS yang berbeda-beda dari segi Kod Ralat (Error Code), Kod POST (POST Code), dan Kunci Interupsi (Interrupt keys). Oleh karena itu cara penggunaan bagi setiap BIOS tersebut juga adalah berbeda.

 

Materi pertemuan 8

 HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

Perangkat Lunak

 

 

Konsep HaKI

 

"Hak atas Kekayaan Intelektual" (HaKI) merupakan terjemahan atas istilah "Intellectual Property Right" (IPR) Istilah tersebut terdiri dari tiga kata kunci yaitu: "Hak", "Kekayaan" dan "Intelektual". Kekayaan merupakan abstraksi yang dapat: dimiliki, dialihkan, dibeli, maupun dijual. Sedangkan "Kekayaan Intelektual"merupakan kekayaan atas segala hasil produksi kecerdasan daya pikir seperti teknologi, pengetahuan, seni, sastra, gubahan lagu, karya tulis, karikatur, dan seterusnya. Terakhir, "Hak atas Kekayaan Intelektual" (HaKI) merupakan hak-hak (wewenang/kekuasaan) untuk berbuat sesuatu atas Kekayaan Intelektual tersebut, yang diatur oieh norma-norma atau hukum-hukum yang berlaku.

 

Aneka Ragam HaKI


1. Hak Cipta (Copyright) berdasarkan pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta: "Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang- undangan yang berlaku."


2. Paten (Patent) berdasarkan Pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten: "Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya." Berbeda dengan hak cipta yang melindungi sebuah karya, paten melindungi sebuah ide, bukan ekspresi dari ide tersebut. Pada hak cipta, seseorang lain berhak membuat karya lain yang fungsinya sama asalkan tidak dibuat berdasarkan karya orang lain yang memiliki hak cipta. Sedangkan pada paten, seseorang tidak berhak untuk membuat sebuah karya yang cara bekerjanya sama dengan sebuah tde yang dipatenkan.


3. Merk Dagang (Trademark) berdasarkan pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek: "Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa." Contoh: Kacang Atom cap "Ayam Jantan".


4. Rahasia Dagang (Trade Secret) menurut pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang: "Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/atau bisnis." Contoh: rahasia dari formula Parfum.


5. Service Mark adalah kata, prase, logo, simbol, warna, suara, bau yang digunakan oleh sebuah bisnis untuk mengindentifikasi sebuah layanan dan membedakannya dari kompetitornya. Pada prakteknya perlindungan hukum untuk merek dagang sedang service mark untuk identitasnya. Contoh:"Pegadaian: menyelesaikan masalah tanpa masalah".


6. Desain Industri berdasarkan pasal I ayat I Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri: "Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan."


7 . Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu berdasarkan pasal I Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2000 Tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu; (ayat 1): "Sirkuit Terpadu adalah suatu produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi, yang di dalamnya terdapat berbagai elemen dan sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut adalah elemen aktif, yang sebagian atau seluruhnya saling berkaitan serta dibentuk secara terpadu di d,alam sebuah bahan semikonduktor yang dimaksudkan untuk menghasilkan fungsi elektronik; (ayat 2): "Desain Tata Letak adalah kreasi berupa rancangan peletakan tiga dimensi dari berbagai elemen, sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut adalah elemen aktif serta sebagian atau semua interkoneksi dalam suatu Sirkuit Terpadu dan peletakan tiga dimensi tersebut dimaksudkan untuk persiapan pembuatan Sirkuit Terpadu."


8. Indikasi Geografis berdasarkan pasal 56 ayat I Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 Tentang Merek: "Indikasi geografis dilindungi sebagai suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, memberikan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan. "

Materi pertemuan 7 komputer dan kesehatan kerja

 KOMPUTER DAN KESEHATAN

 

Bagian-bagian dari teknologi informasi yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja

 

1. Monitor

Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat memancarkan intensitas cahaya cukup tinggi untuk diterima oleh mata manusia. oleh karena itu, bagian dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari kerusakan.

Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

a. Letakkan monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.

b. Letakkanlah monitor lebih rendah dari garis horizontal mata, agar tidak mengadah atau menunduk

c.  Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan gelap

d. Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke luar ruangan.

 

2. CPU (Central Processing (Unit)

Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan(basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.

3.Kabel Komputer

 Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting), Hubungan singkat ini dapat mengakibatkan kebakaran.

4. Keyboard

Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan  jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama.

hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan:

a. Keyboard hang/rusak

b. Keyboard berlumut kekuning-kuningn dan tidak indah

c. Hubungan singkat

Pertemuan 6 kelas 10 komputer dan kesehatan

 KOMPUTER DAN KESEHATAN

Komputer sebagai produk dan sebagai teknologi memiliki keunggulan antara lain :

(1) mampu berakses dengan cepat dan tepat,

(2) menghasilkan informasi dari datayang lampau,

(3) mampu memproses data menjadi informasi

(4) mampu menyimpan data yang sangat banyak (sampai dengan giga byte),

(5) mampu melakukan importing dan exporting data yang dirancang secara khusus.

 

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), adalah suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian setiap melakukan kegiatan apapun, termasuk ketika bekerja dengan komputer. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan keselamatan. Oleh karena itu, K3 merupakan aspek yang harus menjadi perhatian apabila bekerja dengan komputer.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindar resiko bekerja dengan komputer adalah

sebagai berikut:

1. Aturlah posisi tubuh saat berkerja denagn komputer sehingga merasa aman.

2. Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman.

3  Makan, minum dan istirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan buang air kecil karena

terlalu asyik berkerja dengan komputer.

4. Sesekali gerakanlah badan untuk megurangi ketegangan otot dan pikiran. Olah ragalah secara teratur.

5. Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.

 

Mengatur Posisi Tubuh

 

Bahwa posisi tubuh saat berkerja denagn komputer sangat berpengaruh pada kesehatan. Dengan mengetahui posisi tubuh yang memenuhi syarat K3, maka dapat mengatur posisi komputer dan penunjang agar dapat memberikan rasa nyaman.

a. Posisi Kepala dan leher

Pada saat berkerja dengan komputer, posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap langsung kelayar monitor. Leher tidak boleh membungkuk atau  mengadah karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher.

b. Posisi Punggung

Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk mendapatkan posisi punggung yang baik, seharusnya ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan nyaman.

c. Posisi Pundak

Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.

d. Posisi Lengan dan siku

Posisi lengan yang baik adalah apabia dapat mengetik dan menggunakan mouse yang nyaman. Masing-masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri. Posisi lengan yang baik adalah bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat.

e. Posisi Kaki

Pada saat berkerja dengan komputer, kaki harus dapat diletakkan di lantai atau sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.

Pertemuan 5.

 JARINGAN KOMPUTER

1. Apa itu Jaringan Komputer ?

 

JARINGAN komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Setiap komputer, printer atau piriferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki duu, prluhln, ribuan atau bahkan jutaan node.

 

2. Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu :


a. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus.yang berukuran sampai beberapa kilometer.


b. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN). pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.


c. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua.


d. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringa ,sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang ierhubung ke jaringan lainnya.Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.


e. Jaringan Tanpa Kabel

Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

 

3. Topologi Jaringan Komputer

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bis, token-ring, star dan peer-to-peer network.



A. Topologi BUS

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfpCSr7UDugyDND25tqe-XkZok2Upgm9JT7B0ezntIrHyCGHLMvMzNxAMzZ9398OnlkuEN1Wucu11EtFWJVpgroB2PVJtch4t2pW6I8uTrkdNRgykfGE4dcXTYWsPrpfBUrkH7e2QbwMk/s320/topologi+bus.jpg

Keuntungan

. Hemat kabel

. Layout kabel sederhana

. Mudah dikembangkan

Kerugian

. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil

. Kepadatan lalu lintas

 

.Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi

.Diperlukan repeater untuk jarak jauh



B. Topologi Token RlNG

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgU9AxHEWxetFXnQpEer35tIRdOwCgEopwaXu4IC5GQfU7O9xAph8oTuSkk8gPzGZ09c5t-ZmZ6RswpCG9SlXKNrjstMNkjShxc_zrCO1XqoJbl9RAIhRAmujtDF1PSq7Uj_zihnf_h240/s1600/topologi+ring.gif
Kerugian

. Peka kesalahan

. Pengembangan jaringan lebih kaku

 

Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer,sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan

 

Keuntungan

. Hemat Kabel

 

C. Topologi STAR

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgvxTm3wOiW3zQ-B1zsdS3RE6FWzhm-PicxMai5eieZTUft2-rVznf881iaQCG8-9HnltsHZEAup9ygsVxlnlg9fe591IlT2f9JCwwWWtAQfaVNofZpR-zjVdYZTvrw6NiWqQkTiMpx54/s320/topologi+star.jpgKontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut ke semua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

Keuntungan

. Paling fleksibel

. Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain

. Kontrol terpusat

. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalaharVkerusakan

. Kemudahaan pengelolaan jaringan

 

Kerugian

. Boros kabel

. Perlu penanganan khusus

. Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

 

D. Topologi Mesh

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjaw1DgvdObELBJT6q-x5HONN94BZqU9N4rtM_nQKjsJt8P4xPGstYLXi9Gn75L7Id1FQI3Artr0bHeNh4r2aER3-LlsHQNRJow0PMvtUUZEWFbIgwi1Ez_QHCQeFqBmkFC-jNsIr3Slq0/s1600/topologi+mesh.gif

Di antara topologi yang lain topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan y ang ada. Jadi susunannya, setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.

Keuntungan dari penggunaan topologi mesh:

# Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.

# Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.

#Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.

Topologi mesh mempunyai kekurangan sebagai berikut:

#Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.

#Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.

 

Materi pertemuan 4 kelas 10 perangkat keras komputer

 Perangkat Keras Komputer (Output Device)

A.      Perangkat Keras dan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi:

1 . input divice (unit masukan)

2. Process device (unit Pemrosesan)

3. Output device (unit keluaran)

4 Backing Storage ( unit penyimpanan)

5. Periferal ( unit tambahan)

Komponen dasar komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse. Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section). Output device terdiri dari monitor dan printer. Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.

Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner card, Modem, capture card.

 

1. Unit Masukan ( Input Device )

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalahkeybbard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.

Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

- Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.

-Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. contohnya : punched card, disket, harddisk.

Unit  masukan atau peraratan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :


a. Keyboard

 Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter, khusus serta sebagai

media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :


1.) QWERTY

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirZmMAogJssZ2Uz38iMzEpLDW4DajVDCe-QRGw1n3V3AYPh4WqVVbixXpUS9HXghF8MVZfiTRgU_uNf2rBxOaBZ020PEf1473Ga6Sl2CG11cH2e_59mT541YDUpcCPsy41oTRGHxkiBas/s320/keyboard+qwert.jpg


2.) DVORAK

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgK8MfKvX6CozArJt7OgWFhx-Kccd7cuiBF_P3VvUVkCVQcFYPm73-5SI-nmwWXRKunOUlXmORF_NYqn085IAYEEOILKjiyTEtBzPYdK2UAZzEIVzahi8IM0FYXSxeFRKIQJr2PZMEzD9Q/s320/keyboard+DVORAK.jpg

3.) KLOCKENBERG

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPHEwapnNAq2UEdZoqq5oA_yJGiaaylHBgzeHO7pNPzey6mko5_-d2_1vmqmDn9vgAGX4550EdKJ3IRYD8NLO8qb3T-MmwpTI7lI0UMxhvk5lldGokoo77X11goJHSEe0NOZsLilFGRwE/s320/keyboard+KLOCKENBERG.png

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY , yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :

1.typewriter

2. numeric key

3. function key

4. special function key.


1. Typewriter Key

Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :

  • Back Space. Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor

  • Caps Lock. Bila tombol ini ditekan,maka lampu indikator caps lock akan menyala,hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar/kapital, bila lampu indikator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.

  • Delete. tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor

  • Esc. tombol ini berfungsi untuk membatarkan suatu perintah dari suatu menu.

  • End. tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja

  • Enter. tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.

  • Home. Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar

  • Insert. Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.

  •  Page Up. Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor I layar ke atas

  • Page Down. Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan cursor 1 layar ke bawah

  • Tab. Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.


2. Numeric Key

Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.


3. Function Key

Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.


4. Special Function Key

Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.


b. Mouse


Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan  keyboard.Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsZZv3-K0u-UW8aFlH1VsmsnFALXwDDUvzHDKYVG_Mr0sTOwHZbScPAKCRmUKY-pzGZFEf__ftWXBOq6gWfuIt5ebivMK3hnEkxtaz4NjW-PzRsda2puBhNz4rtUmSl-xBDGRu_NENt0Q/s320/mouse.jpg

 

 

Gambar Mouse Wireless

 

c. Touchpad

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari Biasanya unit ini lipat aiginakan sebagai penlganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhh-etbgyQgjFOU4bDPmFKEd_aaubW8w0B4a5nw4FGZ8bM_mu9-7j9udq6MSoVsbF6nOmCvSj7uC4wTKQnI7fFC__1_H2K2QXYwVeLpRlx4U4ePCAfryU3f78fWK1h3ApTb3BfpSCEjXVQ/s320/touchpad.jpg

 

 

 

d. Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvN7urp5Man-1P-TZjqTsX7iYCmpj9-RtC7HRwVciE9K9Sbkwpq-fbAI6A9201Q1jN7aXgeXX5RmAZABu57rBG0gG4Unqua8Mq5k-GntKmUqLIGqGxpmk_Ifres7UOYKcSwZYZM_pK-w4/s320/LightPen.jpg

 

Gambar Light pen

 

e. Joy Stick dan Games paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanyiberbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrWWL_1tCKEevybWUawK9rPcW7Z7uEATlrzeCl9drPOW6sXIuBLQO8a6yNWXI6c3rkjHNuZohwIKLAKOcsonXoLbf6j3OuMdC7g52ZD9YXCysipE3RnCYkTJ58cgfNq6aQmRvSor_msqM/s320/joystik.gif

 

f. Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebil vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. kode-kode ini biasanya menempel pada produk- poroduk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCT16HDXO35aTAPaRWIBkwcam-7fhTMAEP1zYFAGEKy1LPKsd4Ms2Evz9x4mbDGSEYt3gJbuN_i-JcGi48OvabBu0RSSSD3WCkP1JxYPj4Ywn76V8yFpTPd9aZ3DmE4eMlsB-RKqcmDAU/s320/barcode.jpg

 

g. Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin foto copy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari iampu sensor yang disetut Optik, vang dapat mengenali jenis pensil 28. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk meng-copy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzZEEptJvXpMRrfBu2eV7WHZIUEBmZemKPubVX0fkr1XxA7O1VnEQvwECxAEauQxTWvlXeHU2dOLRrWeHprtem8iTpxa3XHp3h5NdXduJs39S06oyHZfevagq2A8s6AT1bBx9Y4-qgbMw/s320/scaner.png

 

Gambar Scanner.

 

h. Kamera Digital

 Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digjtal dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan & kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiw4-crS3POBtrD1wmWEAvxCwp7eweMI7VEoGibBHqHeuCI5yrgQI2xuQuX_Pr_kEl1EmnPWxwbCcgYc_4uvBQtnybxBOlE-_j1x8eXCgV1BRpSb3IZmChJ86fF19ekrw81gluxK8tvmk/s320/Digital-USB-PC-Camera-C012-.jpg

 

Gambar Kamera Digital

 

i. Mikropon dan Headphone

 

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpTh75aUyWXBhDIUz_HnOS0zuKkPQgDsdxVau91ITHdOddkol63pN-OfStFH6MEiPUjcM17AxlLseDB0qQ3P2EpQSoWmxvPmY_b6hSb_MJN042NVZqrOBhqtZS0dHEuzdxN5ZmB1D3F3k/s320/headphone.jpg

 

Gambar headphone

 

j. Graphics Pads

 

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrA0S5_YrzcSDtThHyveLaOSiQubNQWTKScsNtnY181_mHenVs2WCdCtx1Bk4WkM7gycBT0zuSfc6TSRvwZdSI__t8TwPWkvibC34PrY-vhRSybkmlDsOj39n6c2BrYAAlh9M5QIYft-o/s1600/grapics+pad.jpg

 

Tugas praktikum 1 kelas X

Materi tugas dapat dilihat pada link berikut https://docs.google.com/document/d/14TNsNSDX2yrJZzbh3MfyWFtRt2ki0h5pFOOQUzv_5Ww/edit?usp=drives...