Minggu, 08 Februari 2015

ULANGAN KELAS XI IPA 2

  1. Jelaskan cara membuka program lembar kerja M.Exel
  2. Tulis rumus mencari nilai tengah, nilai total dan nilai rata-rata
  3. Jelaskan cara Melebarkan kolom dan baris lampirkan gambar
  4. Jelaskan cara menyatukan kolom dan baris lampirkan gambar
  5. Jelaskan cara mewarnai teks , kolom dan baris
  6. jelaskan cara mencari nilai tertinggi, nilai terendah dan nilai yang sering muncul
  7. jelaskan cara menyimpan data
  8. jelaskan cara mencari nilai keterangan
  9. jelasakan cara mengirim data ke e-mail
  10. carilah nilai dari data berikut     dan jawabannya di print screen                                                                                                     
no     nilai x        keterangan
1         20
2         30
3         40
4         50
5         40
6         70
7         80
8         75
9         54
10       35

tentukan nilai :
1. total
2. nilai rata-rata
3. nilai tengah
4. nilai yang sering muncul
5 nilai tertinggi
6, nilai terendah
7. dan keterangan dengan nilai KKM 70

17 komentar:

  1. 1.cara membuka lembar kerja m.excel
    *aktifkan komputer terlebih dahulu
    *klik tombol Start yang ada pada batang
    taskbar
    *muncul sejumlah menu , pilih program
    *klik Microsoft Excel
    *tunggu hingga tampil layar Excel 2000 yg
    masih kosong
    *microsoft excel siap di gunakan
    2.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  4. 1. Cara membuka lembar kerja m.excel
    􀀙 Aktifkan Komputer terlebih dahulu.
    􀀙 Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.
    􀀙 Muncul sejumlah menu, pilih Program.
    􀀙 Klik Microsoft Excel
    􀀙 Tunggu hingga tampil layar Excel 2000 yang masih kosong.
    􀀙 Microsoft Excel siap untuk digunakan.
    2. Cara menentukan nilai tengah : =median(a1:a6) lalu tekan ENTER
    Cara menentukan nilai total : =sum(b1:b15) lalu tekan ENTER
    Cara menentukan nilai rata-rata : =average(c7:c16) lalu tekan ENTER
    Berikut adalah contoh kolom yang tidak beraturan sehingga memerlukan pelebaran kolom untuk menjadikannya lebih rapi.

    3.cara melebarkan baris & kolom
    1. melebarkan baris > arahakan kursor ke garis antara no1 dan 2, klik garis dan tarik.
    2. mebarkan baris cara ke-2 blok baris yang akan dilebarkan klik menu format > row height > isi berapa lebar yang diinginkan > ok.
    3. melebarkan kolom > arahkan ke garis antara 2 kolom yang akan dilebarkan , klik dan tarik.
    4. mebarkan kolom cara ke-2 blok baris yang akan dilebarkan klik menu format > coloumn width> isi berapa lebar yang diinginkan > ok.
    4.cara menyatukan kolom dan baris
    • Langkah pertama anda dapat membuka tampilan Microsoft Excel dengan cara klik start , kemudian pilih program dan selanjutnya pilihlah Microsoft Excel.
    • Kemudian, setalah tampilan microsoft excel terbuka maka terdapat tampilan worksheet yang akan membantu anda untuk input data, masukanlah data sesuai dengan kebutuhan anda.
    • Selanjutnya untuk anda yang akan menggabungkan kolom maka anda dapat memblock data cell yang akan anda gabungkan ( data bisa terdiri dari beberapa baris atau kolom)
    • Kemudian setelah itu anda dapat membuka tab menu home , pilihlah marge & Center.
    • Sedangkan bagi anda yang akan menggabungkan judul dan baris lebih dari satu maka anda dapat membuka dialog box menu allignment kemudian pilih Center Across Selection dalam drop menu tab Horizontal.

    5. mewarnai teks , kolom dan baris

    Klik format untuk menentukan warna caranya setelah muncul halaman Format cell kemudian pilih tab Fill pilih warna sesuai dengan keinginan anda seteleh itu ok lihat gambar dibawah ini


    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. 1.-Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
    -Klik Microsoft Office dan lembar kerja Microsoft Excel 2007
    - Sekarang Anda siap bekerja dengan Excel 2007.
    2.Mencari nilai tengah=Median(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai total=SUM(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai rata rata=AVERAGE(A1:A10) Lalu tekan enter
    3.Melebarkan kolom > arahkan ke garis antara 2 kolom yang akan dilebarkan , klik dan tarik.
    Melebarkan baris > arahakan kursor ke garis antara no1 dan 2, klik garis dan tarik.
    4.-Langkah pertama anda dapat membuka tampilan Microsoft Excel dengan cara klik start , kemudian pilih program dan selanjutnya pilihlah Microsoft Excel.
    -Kemudian, setalah tampilan microsoft excel terbuka maka terdapat tampilan worksheet yang akan membantu anda untuk input data, masukanlah data sesuai dengan kebutuhan anda.
    -Selanjutnya untuk anda yang akan menggabungkan kolom maka anda dapat memblock data cell yang akan anda gabungkan ( data bisa terdiri dari beberapa baris atau kolom)
    -Kemudian setelah itu anda dapat membuka tab menu home , pilihlah marge & Center.
    -Sedangkan bagi anda yang akan menggabungkan judul dan baris lebih dari satu maka anda dapat membuka dialog box menu allignment kemudian pilih Center Across Selection dalam drop menu tab Horizontal.
    5.Langkah pertama klik kanan pada tab sheet yang akan diwarnai kemudian arahkan pada tab color kemudian pilih dan klik warna yang sesuai.
    6.Misalkan kita telah mengetik data pada sel A2 hingga A16.
    Selanjutnya pilih sel kosong, misalkan di D3, D4 dan D5, lalu berturut-turut ketik rumus berikut :
    =MIN(A2:A16), untuk mencari nilai minimum
    =MAX(A2:A16) Untuk mencari nilai maksimum
    =MODE(A2:A16) Untuk mencari nilai yang sering muncul
    Microsoft excel akan menghitung dan menampilkan nilai minimum, maksimum dan nilai yang sering muncul dari daftar nilai yang diberikan.
    7.-Klik office button lalu klik save as
    - Tentukan lokasi penyimpanannya dan tuliskan namanya lalu ok
    8.Untuk keterangan lulus atau tidak rumusnya =IF(d3>65,"lulus","tidak lurus")
    9.1)klik menu "Tulis" pada lajur sebelah kiri dan nanti akan muncul form seperti pada gambar
    2)KEPADA : isi dengan alamat email yang dituju misal: mrphoojar@gmail.com
    3)Tamabah cc : isi alamat email tembusan dan hanya di isi jika merupakan pengiriman yang terdapat tembusan dapat di isi lebih dari satu dengan menambah tanda koma(,) sebagai pemisah misal: bos@yahoo.co.id, sekertaris@yahoo.co.id .kosongkan jika tidak ada tembusan yang dituju.
    4)PERIHAL: judul surat anda misal : Berkas pengiriman barang (terlampir)
    5)Lampirkan file : lihat menu lamiran, menu tersebut berfungsi untuk upload atau mengirimkan berkas yang berbentu file seperti DOC, DOCX, ZIP, JPG, PDF dll dan ukuran file yang akan dikim usahakan jangan terlalu besar kisaran 1mb - 10mb.
    6)isikan salam,deskripsi atau kalimat surat pada kolom form yang paling lebar.
    7)Klik menu "kirim" yang terdapat tepat diatas form untuk proses pengiriman
    8)Selesai.

    BalasHapus
  7. 1.-Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
    -Klik Microsoft Office dan lembar kerja Microsoft Excel 2007
    - Sekarang Anda siap bekerja dengan Excel 2007.
    2.Mencari nilai tengah=Median(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai total=SUM(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai rata rata=AVERAGE(A1:A10) Lalu tekan enter
    3.Melebarkan kolom > arahkan ke garis antara 2 kolom yang akan dilebarkan , klik dan tarik.
    Melebarkan baris > arahakan kursor ke garis antara no1 dan 2, klik garis dan tarik.
    4.-Langkah pertama anda dapat membuka tampilan Microsoft Excel dengan cara klik start , kemudian pilih program dan selanjutnya pilihlah Microsoft Excel.
    -Kemudian, setalah tampilan microsoft excel terbuka maka terdapat tampilan worksheet yang akan membantu anda untuk input data, masukanlah data sesuai dengan kebutuhan anda.
    -Selanjutnya untuk anda yang akan menggabungkan kolom maka anda dapat memblock data cell yang akan anda gabungkan ( data bisa terdiri dari beberapa baris atau kolom)
    -Kemudian setelah itu anda dapat membuka tab menu home , pilihlah marge & Center.
    -Sedangkan bagi anda yang akan menggabungkan judul dan baris lebih dari satu maka anda dapat membuka dialog box menu allignment kemudian pilih Center Across Selection dalam drop menu tab Horizontal.
    5.Langkah pertama klik kanan pada tab sheet yang akan diwarnai kemudian arahkan pada tab color kemudian pilih dan klik warna yang sesuai.
    6.Misalkan kita telah mengetik data pada sel A2 hingga A16.
    Selanjutnya pilih sel kosong, misalkan di D3, D4 dan D5, lalu berturut-turut ketik rumus berikut :
    =MIN(A2:A16), untuk mencari nilai minimum
    =MAX(A2:A16) Untuk mencari nilai maksimum
    =MODE(A2:A16) Untuk mencari nilai yang sering muncul
    Microsoft excel akan menghitung dan menampilkan nilai minimum, maksimum dan nilai yang sering muncul dari daftar nilai yang diberikan.
    7.-Klik office button lalu klik save as
    - Tentukan lokasi penyimpanannya dan tuliskan namanya lalu ok
    8.Untuk keterangan lulus atau tidak rumusnya =IF(d3>65,"lulus","tidak lurus")
    9.A)klik menu "Tulis" pada lajur sebelah kiri dan nanti akan muncul form seperti pada gambar
    B)KEPADA : isi dengan alamat email yang dituju misal: mrphoojar@gmail.com
    C)Tamabah cc : isi alamat email tembusan dan hanya di isi jika merupakan pengiriman yang terdapat tembusan dapat di isi lebih dari satu dengan menambah tanda koma(,) sebagai pemisah misal: bos@yahoo.co.id, sekertaris@yahoo.co.id .kosongkan jika tidak ada tembusan yang dituju.
    D)PERIHAL: judul surat anda misal : Berkas pengiriman barang (terlampir)
    E)Lampirkan file : lihat menu lamiran, menu tersebut berfungsi untuk upload atau mengirimkan berkas yang berbentu file seperti DOC, DOCX, ZIP, JPG, PDF dll dan ukuran file yang akan dikim usahakan jangan terlalu besar kisaran 1mb - 10mb.
    F)isikan salam,deskripsi atau kalimat surat pada kolom form yang paling lebar.
    G)Klik menu "kirim" yang terdapat tepat diatas form untuk proses pengiriman
    H)Selesai.
    10.No Nilai Keterangan
    1 20 Tidak Lulus
    2 30 Tidak Lulus
    3 40 Tidak Lulus
    4 50 Tidak Lulus
    5 40 Tidak Lulus
    6 70 Tidak Lulus
    7 80 LULUS
    8 75 LULUS
    9 54 Tidak Lulus
    10 35 Tidak Lulus
    Nilai total 494
    nilai rata-rata 49.4
    nilai tengah 45
    nilai yang sering muncul 40
    nilai tertinggi 80
    nilai terendah 20

    BalasHapus
  8. 1.-Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
    -Klik Microsoft Office dan lembar kerja Microsoft Excel 2007
    - Sekarang Anda siap bekerja dengan Excel 2007.
    2.Mencari nilai tengah=Median(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai total=SUM(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai rata rata=AVERAGE(A1:A10) Lalu tekan enter
    3.Melebarkan kolom > arahkan ke garis antara 2 kolom yang akan dilebarkan , klik dan tarik.
    Melebarkan baris > arahakan kursor ke garis antara no1 dan 2, klik garis dan tarik.
    4.-Langkah pertama anda dapat membuka tampilan Microsoft Excel dengan cara klik start , kemudian pilih program dan selanjutnya pilihlah Microsoft Excel.
    -Kemudian, setalah tampilan microsoft excel terbuka maka terdapat tampilan worksheet yang akan membantu anda untuk input data, masukanlah data sesuai dengan kebutuhan anda.
    -Selanjutnya untuk anda yang akan menggabungkan kolom maka anda dapat memblock data cell yang akan anda gabungkan ( data bisa terdiri dari beberapa baris atau kolom)
    -Kemudian setelah itu anda dapat membuka tab menu home , pilihlah marge & Center.
    -Sedangkan bagi anda yang akan menggabungkan judul dan baris lebih dari satu maka anda dapat membuka dialog box menu allignment kemudian pilih Center Across Selection dalam drop menu tab Horizontal.
    5.Langkah pertama klik kanan pada tab sheet yang akan diwarnai kemudian arahkan pada tab color kemudian pilih dan klik warna yang sesuai.
    6.Misalkan kita telah mengetik data pada sel A2 hingga A16.
    Selanjutnya pilih sel kosong, misalkan di D3, D4 dan D5, lalu berturut-turut ketik rumus berikut :
    =MIN(A2:A16), untuk mencari nilai minimum
    =MAX(A2:A16) Untuk mencari nilai maksimum
    =MODE(A2:A16) Untuk mencari nilai yang sering muncul
    Microsoft excel akan menghitung dan menampilkan nilai minimum, maksimum dan nilai yang sering muncul dari daftar nilai yang diberikan.
    7.-Klik office button lalu klik save as
    - Tentukan lokasi penyimpanannya dan tuliskan namanya lalu ok
    8.Untuk keterangan lulus atau tidak rumusnya =IF(d3>65,"lulus","tidak lurus")
    9.1)klik menu "Tulis" pada lajur sebelah kiri dan nanti akan muncul form seperti pada gambar
    2)KEPADA : isi dengan alamat email yang dituju misal: mrphoojar@gmail.com
    3)Tamabah cc : isi alamat email tembusan dan hanya di isi jika merupakan pengiriman yang terdapat tembusan dapat di isi lebih dari satu dengan menambah tanda koma(,) sebagai pemisah misal: bos@yahoo.co.id, sekertaris@yahoo.co.id .kosongkan jika tidak ada tembusan yang dituju.
    4)PERIHAL: judul surat anda misal : Berkas pengiriman barang (terlampir)
    5)Lampirkan file : lihat menu lamiran, menu tersebut berfungsi untuk upload atau mengirimkan berkas yang berbentu file seperti DOC, DOCX, ZIP, JPG, PDF dll dan ukuran file yang akan dikim usahakan jangan terlalu besar kisaran 1mb - 10mb.
    6)isikan salam,deskripsi atau kalimat surat pada kolom form yang paling lebar.
    7)Klik menu "kirim" yang terdapat tepat diatas form untuk proses pengiriman
    8)Selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dhana no. 10 mu mana?????
      kok gak kau buat????

      Hapus
  9. 1.-Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
    -Klik Microsoft Office dan lembar kerja Microsoft Excel 2007
    - Sekarang Anda siap bekerja dengan Excel 2007.
    2.Mencari nilai tengah=Median(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai total=SUM(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai rata rata=AVERAGE(A1:A10) Lalu tekan enter
    3.Melebarkan kolom > arahkan ke garis antara 2 kolom yang akan dilebarkan , klik dan tarik.
    Melebarkan baris > arahakan kursor ke garis antara no1 dan 2, klik garis dan tarik.
    4.-Langkah pertama anda dapat membuka tampilan Microsoft Excel dengan cara klik start , kemudian pilih program dan selanjutnya pilihlah Microsoft Excel.
    -Kemudian, setalah tampilan microsoft excel terbuka maka terdapat tampilan worksheet yang akan membantu anda untuk input data, masukanlah data sesuai dengan kebutuhan anda.
    -Selanjutnya untuk anda yang akan menggabungkan kolom maka anda dapat memblock data cell yang akan anda gabungkan ( data bisa terdiri dari beberapa baris atau kolom)
    -Kemudian setelah itu anda dapat membuka tab menu home , pilihlah marge & Center.
    -Sedangkan bagi anda yang akan menggabungkan judul dan baris lebih dari satu maka anda dapat membuka dialog box menu allignment kemudian pilih Center Across Selection dalam drop menu tab Horizontal.
    5.Langkah pertama klik kanan pada tab sheet yang akan diwarnai kemudian arahkan pada tab color kemudian pilih dan klik warna yang sesuai.
    6.Misalkan kita telah mengetik data pada sel A2 hingga A16.
    Selanjutnya pilih sel kosong, misalkan di D3, D4 dan D5, lalu berturut-turut ketik rumus berikut :
    =MIN(A2:A16), untuk mencari nilai minimum
    =MAX(A2:A16) Untuk mencari nilai maksimum
    =MODE(A2:A16) Untuk mencari nilai yang sering muncul
    Microsoft excel akan menghitung dan menampilkan nilai minimum, maksimum dan nilai yang sering muncul dari daftar nilai yang diberikan.
    7.-Klik office button lalu klik save as
    - Tentukan lokasi penyimpanannya dan tuliskan namanya lalu ok
    8.Untuk keterangan lulus atau tidak rumusnya =IF(d3>65,"lulus","tidak lurus")
    9.1)klik menu "Tulis" pada lajur sebelah kiri dan nanti akan muncul form seperti pada gambar
    2)KEPADA : isi dengan alamat email yang dituju misal: mrphoojar@gmail.com
    3)Tamabah cc : isi alamat email tembusan dan hanya di isi jika merupakan pengiriman yang terdapat tembusan dapat di isi lebih dari satu dengan menambah tanda koma(,) sebagai pemisah misal: bos@yahoo.co.id, sekertaris@yahoo.co.id .kosongkan jika tidak ada tembusan yang dituju.
    4)PERIHAL: judul surat anda misal : Berkas pengiriman barang (terlampir)
    5)Lampirkan file : lihat menu lamiran, menu tersebut berfungsi untuk upload atau mengirimkan berkas yang berbentu file seperti DOC, DOCX, ZIP, JPG, PDF dll dan ukuran file yang akan dikim usahakan jangan terlalu besar kisaran 1mb - 10mb.
    6)isikan salam,deskripsi atau kalimat surat pada kolom form yang paling lebar.
    7)Klik menu "kirim" yang terdapat tepat diatas form untuk proses pengiriman
    8)Selesa

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. LATIHAN
    1. JELASKAN CARA MEMBUKA PROGRAM LEMBAR KERJA M.EXEL
    2. JELASKAN RUMUS MENCARI NILAI TENGAH,NILAI TOTAL,DAN NILAI RATA RATA
    3. JELASKAN CARA MELEBARKAN KOLOM BARIS
    4. JELASKAN CARA MENYATUKAN KOLOM DAN BARIS
    5. JELASKAN CARA MEWARNAI TEKS,KOLOM,DAN BARIS
    6. JELASKAN CARA MENCARI NILAI TERTINGGI,NILAI TERENDAH,DAN NILAI YANG SERING MUNCUL
    7. JELASKAN CARA MENYIMPAN DATA
    8. JELASKAN CARA MENCARI NILAI KETERANGAN
    9. JELASKAN CARA MENGIRIM DATA KE EMAIL
    10. CARA NILAI DTA BERIKUT :
    NO NILai keterangan
    1 20
    2 30
    3 40
    4 50
    5 40
    6 70
    7 80
    8 75
    9 54
    10 35
    tentukan nilai :
    1.NILAI RATA RATA
    2.NILAI YANG SERING MUNCUL
    3.NILAI TERTINGGI
    4.NILAI TERENDAH
    5.NILAI TERTENGAH
    6.NILI KETERANGAN KKM 70


    JAWAB
    1.-Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
    -Klik Microsoft Office dan lembar kerja Microsoft Excel 2007
    - Sekarang Anda siap bekerja dengan Excel 2007.
    2.Mencari nilai tengah=Median(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai total=SUM(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai rata rata=AVERAGE(A1:A10) Lalu tekan enter
    3.Melebarkan kolom > arahkan ke garis antara 2 kolom yang akan dilebarkan , klik dan tarik.
    Melebarkan baris > arahakan kursor ke garis antara no1 dan 2, klik garis dan tarik.
    4.-Langkah pertama anda dapat membuka tampilan Microsoft Excel dengan cara klik start , kemudian pilih program dan selanjutnya pilihlah Microsoft Excel.
    -Kemudian, setalah tampilan microsoft excel terbuka maka terdapat tampilan worksheet yang akan membantu anda untuk input data, masukanlah data sesuai dengan kebutuhan anda.
    -Selanjutnya untuk anda yang akan menggabungkan kolom maka anda dapat memblock data cell yang akan anda gabungkan ( data bisa terdiri dari beberapa baris atau kolom)
    -Kemudian setelah itu anda dapat membuka tab menu home , pilihlah marge & Center.
    -Sedangkan bagi anda yang akan menggabungkan judul dan baris lebih dari satu maka anda dapat membuka dialog box menu allignment kemudian pilih Center Across Selection dalam drop menu tab Horizontal.
    5.Langkah pertama klik kanan pada tab sheet yang akan diwarnai kemudian arahkan pada tab color kemudian pilih dan klik warna yang sesuai.
    6.Misalkan kita telah mengetik data pada sel A2 hingga A16.
    Selanjutnya pilih sel kosong, misalkan di D3, D4 dan D5, lalu berturut-turut ketik rumus berikut :
    =MIN(A2:A16), untuk mencari nilai minimum
    =MAX(A2:A16) Untuk mencari nilai maksimum
    =MODE(A2:A16) Untuk mencari nilai yang sering muncul
    Microsoft excel akan menghitung dan menampilkan nilai minimum, maksimum dan nilai yang sering muncul dari daftar nilai yang diberikan.
    7.-Klik office button lalu klik save as
    - Tentukan lokasi penyimpanannya dan tuliskan namanya lalu ok
    8.Untuk keterangan lulus atau tidak rumusnya =IF(d3>65,"lulus","tidak lurus")
    9.1)klik menu "Tulis" pada lajur sebelah kiri dan nanti akan muncul form seperti pada gambar
    2)KEPADA : isi dengan alamat email yang dituju misal: mrphoojar@gmail.com
    3)Tamabah cc : isi alamat email tembusan dan hanya di isi jika merupakan pengiriman yang terdapat tembusan dapat di isi lebih dari satu dengan menambah tanda koma(,) sebagai pemisah misal: bos@yahoo.co.id, sekertaris@yahoo.co.id .kosongkan jika tidak ada tembusan yang dituju.
    4)PERIHAL: judul surat anda misal : Berkas pengiriman barang (terlampir)
    5)Lampirkan file : lihat menu lamiran, menu tersebut berfungsi untuk upload atau mengirimkan berkas yang berbentu file seperti DOC, DOCX, ZIP, JPG, PDF dll dan ukuran file yang akan dikim usahakan jangan terlalu besar kisaran 1mb - 10mb.
    6)isikan salam,deskripsi atau kalimat surat pada kolom form yang paling lebar.
    7)Klik menu "kirim" yang terdapat tepat diatas form untuk proses pengiriman
    8)Selesa

    BalasHapus
  12. 1.-Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
    -Klik Microsoft Office dan lembar kerja Microsoft Excel 2007
    - Sekarang Anda siap bekerja dengan Excel 2007.
    2.Mencari nilai tengah=Median(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai total=SUM(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai rata rata=AVERAGE(A1:A10) Lalu tekan enter
    3.Melebarkan kolom > arahkan ke garis antara 2 kolom yang akan dilebarkan , klik dan tarik.
    Melebarkan baris > arahakan kursor ke garis antara no1 dan 2, klik garis dan tarik.
    4.-Langkah pertama anda dapat membuka tampilan Microsoft Excel dengan cara klik start , kemudian pilih program dan selanjutnya pilihlah Microsoft Excel.
    -Kemudian, setalah tampilan microsoft excel terbuka maka terdapat tampilan worksheet yang akan membantu anda untuk input data, masukanlah data sesuai dengan kebutuhan anda.
    -Selanjutnya untuk anda yang akan menggabungkan kolom maka anda dapat memblock data cell yang akan anda gabungkan ( data bisa terdiri dari beberapa baris atau kolom)
    -Kemudian setelah itu anda dapat membuka tab menu home , pilihlah marge & Center.
    -Sedangkan bagi anda yang akan menggabungkan judul dan baris lebih dari satu maka anda dapat membuka dialog box menu allignment kemudian pilih Center Across Selection dalam drop menu tab Horizontal.
    5.Langkah pertama klik kanan pada tab sheet yang akan diwarnai kemudian arahkan pada tab color kemudian pilih dan klik warna yang sesuai.
    6.Misalkan kita telah mengetik data pada sel A2 hingga A16.
    Selanjutnya pilih sel kosong, misalkan di D3, D4 dan D5, lalu berturut-turut ketik rumus berikut :
    =MIN(A2:A16), untuk mencari nilai minimum
    =MAX(A2:A16) Untuk mencari nilai maksimum
    =MODE(A2:A16) Untuk mencari nilai yang sering muncul
    Microsoft excel akan menghitung dan menampilkan nilai minimum, maksimum dan nilai yang sering muncul dari daftar nilai yang diberikan.
    7.-Klik office button lalu klik save as
    - Tentukan lokasi penyimpanannya dan tuliskan namanya lalu ok
    8.Untuk keterangan lulus atau tidak rumusnya =IF(d3>65,"lulus","tidak lurus")
    9.A)klik menu "Tulis" pada lajur sebelah kiri dan nanti akan muncul form seperti pada gambar
    B)KEPADA : isi dengan alamat email yang dituju misal: mrphoojar@gmail.com
    C)Tamabah cc : isi alamat email tembusan dan hanya di isi jika merupakan pengiriman yang terdapat tembusan dapat di isi lebih dari satu dengan menambah tanda koma(,) sebagai pemisah misal: bos@yahoo.co.id, sekertaris@yahoo.co.id .kosongkan jika tidak ada tembusan yang dituju.
    D)PERIHAL: judul surat anda misal : Berkas pengiriman barang (terlampir)
    E)Lampirkan file : lihat menu lamiran, menu tersebut berfungsi untuk upload atau mengirimkan berkas yang berbentu file seperti DOC, DOCX, ZIP, JPG, PDF dll dan ukuran file yang akan dikim usahakan jangan terlalu besar kisaran 1mb - 10mb.
    F)isikan salam,deskripsi atau kalimat surat pada kolom form yang paling lebar.
    G)Klik menu "kirim" yang terdapat tepat diatas form untuk proses pengiriman
    H)Selesai.
    10.No Nilai Keterangan
    1 20 Tidak Lulus
    2 30 Tidak Lulus
    3 40 Tidak Lulus
    4 50 Tidak Lulus
    5 40 Tidak Lulus
    6 70 Tidak Lulus
    7 80 LULUS
    8 75 LULUS
    9 54 Tidak Lulus
    10 35 Tidak Lulus
    Nilai total 494
    nilai rata-rata 49.4
    nilai tengah 45
    nilai yang sering muncul 40
    nilai tertinggi 80
    nilai terendah 20

    BalasHapus
  13. 1.-Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
    -Klik Microsoft Office dan lembar kerja Microsoft Excel 2007
    - Sekarang Anda siap bekerja dengan Excel 2007.
    2.Mencari nilai tengah=Median(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai total=SUM(A1:A10) Lalu tekan enter
    Mencari nilai rata rata=AVERAGE(A1:A10) Lalu tekan enter
    3.Melebarkan kolom > arahkan ke garis antara 2 kolom yang akan dilebarkan , klik dan tarik.
    Melebarkan baris > arahakan kursor ke garis antara no1 dan 2, klik garis dan tarik.
    4.-Langkah pertama anda dapat membuka tampilan Microsoft Excel dengan cara klik start , kemudian pilih program dan selanjutnya pilihlah Microsoft Excel.
    -Kemudian, setalah tampilan microsoft excel terbuka maka terdapat tampilan worksheet yang akan membantu anda untuk input data, masukanlah data sesuai dengan kebutuhan anda.
    -Selanjutnya untuk anda yang akan menggabungkan kolom maka anda dapat memblock data cell yang akan anda gabungkan ( data bisa terdiri dari beberapa baris atau kolom)
    -Kemudian setelah itu anda dapat membuka tab menu home , pilihlah marge & Center.
    -Sedangkan bagi anda yang akan menggabungkan judul dan baris lebih dari satu maka anda dapat membuka dialog box menu allignment kemudian pilih Center Across Selection dalam drop menu tab Horizontal.
    5.Langkah pertama klik kanan pada tab sheet yang akan diwarnai kemudian arahkan pada tab color kemudian pilih dan klik warna yang sesuai.
    6.Misalkan kita telah mengetik data pada sel A2 hingga A16.
    Selanjutnya pilih sel kosong, misalkan di D3, D4 dan D5, lalu berturut-turut ketik rumus berikut :
    =MIN(A2:A16), untuk mencari nilai minimum
    =MAX(A2:A16) Untuk mencari nilai maksimum
    =MODE(A2:A16) Untuk mencari nilai yang sering muncul
    Microsoft excel akan menghitung dan menampilkan nilai minimum, maksimum dan nilai yang sering muncul dari daftar nilai yang diberikan.
    7.-Klik office button lalu klik save as
    - Tentukan lokasi penyimpanannya dan tuliskan namanya lalu ok
    8.Untuk keterangan lulus atau tidak rumusnya =IF(d3>65,"lulus","tidak lurus")
    9.A)klik menu "Tulis" pada lajur sebelah kiri dan nanti akan muncul form seperti pada gambar
    B)KEPADA : isi dengan alamat email yang dituju misal: mrphoojar@gmail.com
    C)Tamabah cc : isi alamat email tembusan dan hanya di isi jika merupakan pengiriman yang terdapat tembusan dapat di isi lebih dari satu dengan menambah tanda koma(,) sebagai pemisah misal: bos@yahoo.co.id, sekertaris@yahoo.co.id .kosongkan jika tidak ada tembusan yang dituju.
    D)PERIHAL: judul surat anda misal : Berkas pengiriman barang (terlampir)
    E)Lampirkan file : lihat menu lamiran, menu tersebut berfungsi untuk upload atau mengirimkan berkas yang berbentu file seperti DOC, DOCX, ZIP, JPG, PDF dll dan ukuran file yang akan dikim usahakan jangan terlalu besar kisaran 1mb - 10mb.
    F)isikan salam,deskripsi atau kalimat surat pada kolom form yang paling lebar.
    G)Klik menu "kirim" yang terdapat tepat diatas form untuk proses pengiriman
    H)Selesai.
    10.No Nilai Keterangan
    1 20 Tidak Lulus
    2 30 Tidak Lulus
    3 40 Tidak Lulus
    4 50 Tidak Lulus
    5 40 Tidak Lulus
    6 70 Tidak Lulus
    7 80 LULUS
    8 75 LULUS
    9 54 Tidak Lulus
    10 35 Tidak Lulus
    Nilai total 494
    nilai rata-rata 49.4
    nilai tengah 45
    nilai yang sering muncul 40
    nilai tertinggi 80
    nilai terendah 20

    BalasHapus
  14. 1. Double klik ikon Ms.Excel pada layar desktop.
    2. Mencari nilai tengah =MEDIAN(A1:A10) lalu tekan enter
    Mencari nilai total =SUM(A1:A10) lalu tekan enter
    Mencari nilai rata-rata =AVERAGE(A1:A10) lalu tekan enter
    3. Arahkan kursor kearah garis antara 2 kolom yang akan dilebarkan, klik dan tarik.
    4. Blok beberapa baris dan kolom data yang akan digabungkan, lalu klik tab menu home dan pilihlah Merge&Center.
    5. Mewarnai kolom : Klik kanan pada kolom yang akan diwarnai lalu arahkan kursor pada tab color yang disimbolkan dengan gambar cat tumpah, lalu pilihlah warna yang sesuai.
    mewarnai teks : blok teks yang akan diwarnai lalu klik symbol font color yang terdapat pada menu format font, pilihlah warna yang diinginkan.
    6. Mencari nilai tertinggi =MAX(A1:A10) lalu tekan enter.
    mencari nilai terendah =MIN(A1:A10) lalu tekan enter.
    mencari nilai yang sering muncul =MODE(A1:A10) lalu tekan enter.
    7. Klik menu office button dan pilihlah Save As, lalu simpanlah data pada folder yang diinginkan.
    8. Rumus mencari keterangan =IF(C3>70,”lulus”,”tidak lulus”)
    9. -klik menu “tulis” pada lajur sebelah kiri
    - isi alamat email yang dituju pada kolom KEPADA
    - isi alamat email tembusan pada kolom “cc”
    - isi judul surat pada kolom PERIHAL
    - lampirkan file
    - isi salam atau kalimat surat pada kolom yang paling lebar
    - klik menu kirim, selesai.
    10

    BalasHapus
  15. 1. Double klik ikon Ms.Excel pada layar desktop.
    2. Mencari nilai tengah =MEDIAN(A1:A10) lalu tekan enter
    Mencari nilai total =SUM(A1:A10) lalu tekan enter
    Mencari nilai rata-rata =AVERAGE(A1:A10) lalu tekan enter
    3. Arahkan kursor kearah garis antara 2 kolom yang akan dilebarkan, klik dan tarik.
    4. Blok beberapa baris dan kolom data yang akan digabungkan, lalu klik tab menu home dan pilihlah Merge&Center.
    5. Mewarnai kolom : Klik kanan pada kolom yang akan diwarnai lalu arahkan kursor pada tab color yang disimbolkan dengan gambar cat tumpah, lalu pilihlah warna yang sesuai.
    mewarnai teks : blok teks yang akan diwarnai lalu klik symbol font color yang terdapat pada menu format font, pilihlah warna yang diinginkan.
    6. Mencari nilai tertinggi =MAX(A1:A10) lalu tekan enter.
    mencari nilai terendah =MIN(A1:A10) lalu tekan enter.
    mencari nilai yang sering muncul =MODE(A1:A10) lalu tekan enter.
    7. Klik menu office button dan pilihlah Save As, lalu simpanlah data pada folder yang diinginkan.
    8. Rumus mencari keterangan =IF(C3>70,”lulus”,”tidak lulus”)
    9. -klik menu “tulis” pada lajur sebelah kiri
    - isi alamat email yang dituju pada kolom KEPADA
    - isi alamat email tembusan pada kolom “cc”
    - isi judul surat pada kolom PERIHAL
    - lampirkan file
    - isi salam atau kalimat surat pada kolom yang paling lebar
    - klik menu kirim, selesai.
    10

    BalasHapus
  16. 1.Jelaskan cara membuka program lembar kerja M.Exel
    klik tombol start > all program > microsoft exel.





    2.Tulis rumus mencari nilai tengah, nilai total dan nilai rata-rata
    nilai tengah =MEDIAN(number1;number2;dst) atau =MEDIAN(B2:B11)/nama kolom cel yang mau dicari nilai tengahnya


    nilai total =SUM(B2:B11)


    nilai rata-rata =AVERAGE(B2:B11)


    3.Jelaskan cara Melebarkan kolom dan baris lampirkan gambar
    Melebarkan kolom dan baris dengan mengarahkan kursor ke bagian atas untuk melebarkan kolom dan mengarahkan kursor ke bagian sebelah kiri



    4.Jelaskan cara menyatukan kolom dan baris lampirkan gambar
    Blok cel yang mau disatukan (merge), klik tombol merge center pada tab home


    5.Jelaskan cara mewarnai teks , kolom dan baris
    Blok kolom dan baris, klik theme colors, pilih warna yang mau dipakai


    6.jelaskan cara mencari nilai tertinggi, nilai terendah dan nilai yang sering muncul
    Ketik rumus /formula =MAX(cel yang mau dicari)


    Nilai terendah
    Ketik rumus/formula =MIN(masukkan cel)


    Nilai yang sering muncul
    Ketik rumus =MODE(cel)

    7.jelaskan cara menyimpan data

    Tekan ctrl + s > ketik nama file > save


    8.jelaskan cara mencari nilai keterangan

    9.jelasakan cara mengirim data ke e-mail
    Buka akun email, > klik tombol compose > pada kolom To, ketik alamat email, lalu klik tombol attach (pilih file > enter), lalu klik send.

    10.carilah nilai dari data berikut dan jawabannya di print screen

    no nilai x keterangan
    1 20
    2 30
    3 40
    4 50
    5 40
    6 70
    7 80
    8 75
    9 54
    10 35

    tentukan nilai :
    1. total
    2. nilai rata-rata
    3. nilai tengah
    4. nilai yang sering muncul
    5 nilai tertinggi
    6, nilai terendah
    7. dan keterangan dengan nilai KKM 70


    BalasHapus

Tugas praktikum 1 kelas X

Materi tugas dapat dilihat pada link berikut https://docs.google.com/document/d/14TNsNSDX2yrJZzbh3MfyWFtRt2ki0h5pFOOQUzv_5Ww/edit?usp=drives...